Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Daerah » Desa Bogoarum Adakan Doa Bersama Dalam Rangka Bersih Desa

Desa Bogoarum Adakan Doa Bersama Dalam Rangka Bersih Desa

(208 Views) September 2, 2020 5:01 pm | Published by | No comment

Magetan,Suarajatim.news – Berlokasi di halaman kantor Desa Bogoarum Kecamatan Plaosan mengadakan doa bersama dalam rangka Bersih Desa, Rabu(02/09/2020) malam.

Bersih desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat . bersih desa merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam.
Ritual Bersih Desa dapat didefinisikan sebagai wujud rasa syukur warga sebuah desa atas berkat yang diberikan Tuhan kepada masyarakat desa, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun mendatang.

Ritual Bersih Desa sendiri biasanya dilaksanakan satu kali dalam setahun setelah musim panen tiba dan tradisi ini telah dilakukan secara turun-temurun dari zaman nenek moyang. Hari pelaksanaanya pun tidak sembarangan ditentukan, melainkan ada hari-hari tertentu di dalam kalender Jawa yang merupakan hari sakral untuk melaksanakan Ritual Bersih Desa.

 

Kepala Desa Bogoarum Suyatno, mengatakan, “bahwa hari ini kita ingin mengembalikan budaya desa, kita adakan bersih desa mungkin karena saat masih ada pandemi tidak semeriah seperti tahun lalu, ini kita mulai melestarikan budaya, kita kolaborasikan budaya lokal Jawa dan budaya Islam”

“Kita bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan atas perjuangan para pendiri Desa, pendiri bangsa semuanya pihak-pihak yang telah mengorbankan semuanya demi berdirinya desa dan bangsa inilah kami ucapkan terima kasih dan kita doakan mudah-mudahan dilapangkan kuburnya diampuni segala dosanya dan ditempatkan di surga nya,” tambah Suyatno.

Suyatno berharap dengan diadakannya bersih desa itu ingin mengembalikan menset masyarakat apalagi anak muda yang sudah ke barat-baratan, kembali ke budaya lokal budaya Jawa lebih santun, menghormati kepada yang tua, menghormati pada pejuang dan mau turut mendoakan pada para leluhur.(Ryn)


Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /home/hengkyabidin/public_html/suarajatim.news/wp-content/themes/magazimple1.0dev/addthis.php on line 4
Categorised in:

No comment for Desa Bogoarum Adakan Doa Bersama Dalam Rangka Bersih Desa

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Notice: Undefined variable: options in /home/hengkyabidin/public_html/suarajatim.news/wp-content/themes/magazimple1.0dev/footer.php on line 17

Notice: Trying to access array offset on value of type null in /home/hengkyabidin/public_html/suarajatim.news/wp-content/themes/magazimple1.0dev/footer.php on line 17