SMPN 10 Kota Malang Berprestasi Internasional

Malang-SJN. Kota Malang kembali mengukir prestasi di sektor pendidikan. Kali ini giliran SMPN 10 Kota Malang yang berhasil menorehkan prestasi internasional, yaitu penghargaan ASEAN Eco School Award 2019 yang digelar di Siem Reap, Kamboja pada tanggal 8 Oktober 2019.  Dalam pemberian penghargaan tersebut, Kepala SMPN 10 Kota Malang Mokhamad Syaroni hadir dengan didampingi dua orang stafnya. “Alhamdulillah, kami bisa meraih penghargaan bergengsi tingkat internasional setelah kerja keras yang panjang. Ini capaian yang sangat luar biasa,” ujar Kepala SMPN 10 Kota Malang, Mokhamad Syaroni saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (11/10/2019).

Menurut Syaroni, untuk dapat memperoleh penghargaan di even tiga tahunan tersebut bukan perkara yang mudah. Pasalnya, sebelum sekolah yang ia pimpin direkomendasikan oleh Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam ajang bertaraf internasional itu, SMPN 10 Kota Malang harus menjalani seleksi bertahap di tingkat kota, provinsi, dan nasional.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk dapat meraih penghargaan bergengsi di kancah internasional tersebut, ada beberapa materi yang harus dipresentasikan. Yakni meliputi upaya pengelolaan sampah, perlindungan keanekaragaman hayati, konservasi air, konservasi energi dan lain-lain. “Selain itu, kami juga harus bisa menunjukkan data kontribusi sekolah terhadap peningkatan kualitas lingkungan hidup sebelum dan setelah mengikuti Program Adiwiyata, yang meliputi jumlah pengurangan sampah, peningkatan penghijauan, jumlah penghematan air, listrik, dan lain-lain,” bebernya.

Untuk itu, ia mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur dapat mengharumkan nama Indonesia, khususnya Kota Malang dalam ASEAN Eco School Award tahun 2019 ini. “Semoga prestasi ini semakin memacu kami untuk terus melakukan inovasi. Atas nama segenap warga SMPN 10 Kota Malang, kami mengucapkan terima kasih kepada semua stakeholder pendidikan kota Malang dan semua pihak yang telah terlibat hingga penghargaan ini bisa kami raih, “pungkasnya. win

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar