POLDA Jatim Launching ETLE, Sarana Capture Canggih Pengendara Dengan Kecepatan 400 Km/Jam

Surabaya-SJN. Kapolda Jatim-Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si melakukan launching ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) di gedung Mahameru Mapolda Jatim, Kamis (16/01) tadi Pagi. ”Saya berharap Propinsi Jatim menjadi pilot proyek dalam segala hal atau kegiatan program ETLE karena program tersebut dapat mentindak pelanggar lalu lintas dengan memanfaatkan tehnologi digital sehingga lebih efektif dan efisien, ”ungkap Kapolda Jatim ini.

Ia menambahkan, ”ETLE adalah tilang elektronik istilah pendek kata, sarana yang mengandalkan peran CCTV (Closed Circuit Television) dalam mencari pelangaran lalu lintas di jalanan. Ketika mendapati pelanggar lalu lintas, secara otomatis kamera CCTV akan men-capture-nya (menagkap gambar-red) yang selanjutnya petugas pemantau CCTV menganalisis bentuk pelanggaran dengan menyesuaikan identitas kendaraan berdasar database ERI, ”tambahnya.

Lanjut Kapolda Jatimm, ”setelah diperoleh bentuk pelanggar, selanjutnya petugas lalu lintas akan melayangkan surat bukti pelanggaran via pos untuk dikonfirmasi nah jika pelanggar menerima pelanggaran yang dituduhkan, secara otomatis akan diterbitkan surat tilang maka sebaliknya, bagi pelanggar yang menolak dapat dilanjutkan dengan sidang lalu lintas, ”jelasnya. Masih Luki Hermawan, ”selama jangka waktu tertentu, apabila surat bukti pelanggaran tidak terkonfirmasi oleh pemilik kendaraan maka secara otomatis, STNK yang bersangkutan diblokir.

Ditempat yang sama Dr. Ir. Tri Rismaharini-Walikota Surabaya juga menambahkanm ”nah dengan kecanggihan yang dimiliki Kamera CCTV di seluruh Surabaya mampu menangkap gambar dengan jelas mobil dengan kecepatan 400 km/jam dan tidak hanya itupula CCTV ini juga dapat melihat penumpang yang ada di dalam mobil dan otomatis terkoneksi dengan data kependudukan tentang siapa penegendara kendaraan tersebut, ”tandas Bu Risma nama panggilan Walikota Surabaya ini. Ia berharap, ”kedepan ETLE tidak hanya sekedar meningkatkan  kesadaran masyarakat dalam berlalulintas tapi juga dapat mencegah dan mengurangi terjadinya tindak kejahatan di jalanan Surabaya dan sekitarnya, ”harapannya.

Setelah penyerahan cinderamata dari Kakorlanatas kepada Walikota Surabaya dan Dirlantas Polda Jatim serta penyerahan cindiramata dari Kapolda Jatim kepada Kakorlantas dilanjutkan dengan  penekanan tombol peresmian launching oleh Kapolda Jatim, Kakorlantas Polri, Walikota Surabaya dan Dirlantas Polda Jatim sebagai tanda  dilaunchingnya Program ETLE.

Hadir dalam acara tersebut Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Istiono, Kasdam V Brawijaya Brigjend TNI-Bambang Ismawan, S.E., M.M, Kapolrestabes Surabaya-Kombes Pol Sandi Nugroho, S.I.K., Sekwilda Propinsi Jatim-Heru Tjahjono, Walikota SurabayaDr. Ir.Tri Rismaharini, M.T., Pejabat Utama Polda Jatim dan Stake Holder lainnya. Setelah penyerahan cindiramata dari Kakorlanatas kepada Walikota Surabaya dan Dirlantas Polda Jatim, serta penyerahan cindiramata dari Kapolda Jatim kepada Kakorlantas, dilanjutkan dengan  penekanan tombol oleh Kapolda  Jatim, Kakorlantas Polri, Walikota Surabaya dan Dirlantas Polda Jatim sebagai tanda  dilaunchingnya program ETLE. mec-dan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar