GAWAT…Tanggul Sungai Bengawan Solo Kembali AMBLES

Tuban-SJN. Senin pukul 10;00 WIB (20/01/2020) Tanggul Bengawan Solo di Desa Sembung Rejo Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban, kembali ambles dan mengalami penurunan dari titik awal dengan kedalaman 50 cm dan panjang 50 meter sedang kondisi air Bengawan Solo untuk saat ini kondisi surut karena beberapa hari ini tidak turun hujan untuk itu tanggul tersebut perlu pemantauan yang aktif agar dapat dipahimi kondisi dan situasi kondisi air sungai serta tanggul yang kondisinya cukup mengakhawtirkan apa lagi untuk saat ini area lahan petani yang sudah ditanami padi masuk usia berbunga.

Untuk itu penanganan serta tanggapan yang serius mengingat sebentar lagi bulan depan sudah mulai panin padi di wilayah Kecamatan Plumpang bagian Selatan khususnya. Berdasarkan keterangan dari BABINSA Sembung RejoNur Khamid yang bekerja sama dengan tim SJN menginformasikan bahwa kondisi tanggul Bengawan Solo di desa Sembung Rejo mengalami KERETAKAN dengan kedalaman 50 cm dan panjang 50 meter, oleh karena itu dia selalu memantau kondisi Tanggul Bengawan Solo yang retak dan ambles serta menginformasikan, ”kondisi air sungai Begawan Solo saat kondisi surut dan maka tanggul tersebut ikut ambles turun kebawah dan mengalami keretakan itu, ”terang Nur Khamid.

Saat dikonfirmasi SJN, salah satu warga Yono, yang tempat tinggalnya tidak jauh dari lokasi tanggul mengatakan, ”tanggul Bengawan Solo ini perlu perhatian serta tanggapan untuk pembangunannya karena menggingat sudah musim penghujan mulai turun lagi karena curah hujan deras yang tak terduga dapat menyebabkan luapan air sungai Bengawan Solo secara mendadak, kita sebagai warga sekitar merasa khawatir dengan kondisi tanggul untuk saat ini, apalagi sudah tak lama lagi akan panen padi mas (SJN-red), ”itu tuturnya.

Ia menambahkan, ”nah untuk itu kita warga serta masyarakat Desa Sembung Rejo khususnya berharap sekali terkait pembangunan tersebut segera agar maksimal dengan harapan hasil tanaman padi yang sudah mulai berbunga juga diselamatkan dan antisipasi terlaksana, ”tambahnya. Yono melanjutkan, ”semoga kita semua dapat berdoa kepada Allah SWT, semoga wilayah Desa Sembung Rejo dijauhkan dan sekitarnya dijauhkan dari segala musibah dan tanggul Bengawan Solo ini diperkuat menahan luapan air sungai yang secara tiba-tiba dan semoga diberikan keselamatan dapat memanen padi untuk kebaikan dan keamanan warga serat masyarakat sekitar wilayah Kecamatan Plumpang bagian Selatan, ”harap Yono dalam doanya. skm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar