Hujan Tak Kunjung Redah, Beberapa Wilayah di Kabupaten Jember Dilanda Banjir

Jember-SJN. Curah hujan yang tak kunjung redah mengakibatkan di beberapa wilayah di Kabupaten Jember mengalami longsor dan banjir, hal itu diungkap oleh Korsda Jember pada hari Jum’at 21/02/2020 sekitar pukul 20:00 WIB. Adapun data data di berbagai wilayah daerah yang mengalami banjir:

  1. Korsda Rambi Puji: Terjadi kenaikan debit pada Dam makam dan melimpas overtopping melewati sayap dan air meluber ke permukiman warga di Dusun TempeanRambi Puji, rumah tergenang setinggi 40 cm 15 rumah ( RT 02 RW 17 dan RT 02 RW 21). Naiknya Debit Kali Dinoyo menyebabkan juga Debit Kali Semangir naik dan meluber ke perumahan Bumi Mangli Residence dan Perum Bumi Mangli, rumah warga yang terendam ada 2 rumah..
  2. Korsda Patrang: Hujan menyebabkan Debit Kali Rembangan naik dan menyebabkan luber ke permukiman belakang rumah sakit paru- paru (belum di ketahui jumlah rumah yang tergenang). Longsor di Mojan dan evakuasi warga Saluran sekar tersumbat kayu lyang akhirnya Luber di jalan dan permukiman.
  3. Korsda Tanggul, Semboro, Sumber Baru, Kencong dan Gumuk Mas siaga akan naiknya debit di Kali Tanggul, Jalan di daerah Pondok Joyo, Sumber Baru sudah tergenang, tinggi genangan belum terdeteksi.
  4. Kosda Tanggul: Akibat luapan Kali Tanggul Belakang Stadion Tanggul tergenang, pemukiman yang terdampak 3 rumah dengan tinggi genangan 50 cm. Laporan dari Pengamat UPT Lumajang Dusun Klatakan terdampak dan air luber ke permukiman, laporan detail menyusul. Pondok Rampal rumah yang tergenang 100 rumah Jalan Nasional Klatakan tergenang air dengan ketinggian hingga kurang lebih 50 cm.

”Dari pantauan kami hingga saat ini pukul 02:00 WIB dini hari untuk wilayah Dusun Pondok Joyo, Desa Pondok Rampal Kecamatan Semboro luapan air makin meluas. Luapan air sungai tak seperti di tahun tahun kemarin, meskipun hujan yang sangat lebat tak membuat kepanikan seperti saat ini yang hingga luapan dari air sungai tersebut membuat lingkungan sekitar mengalami banjir hingga membuat ratusan rumah tergenang air, “ucap Ilham warga setempat. Ia menambahkan, ”luapan air sungai diketahui mulai pukul 16:00 WIB hingga saat ini yang mengakibat tanggul penangkis mengalami putus, “tambahnya. yan-dpn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar