Bupati Magetan BERHARAP Masyarakat Tetap TENANG dan Tingkatkan KEWASPADAAN

Magetan-SJN. Bertempat di ruang Jamuan Pendopo Bupati Magetan Suprawoto menyampaikan penjelasan terkait Virus Corona pada hari Sabtu (13/03/2020). ”Corona Virus adalah kumpulan virus yang dapat menginfeksi sistem pernapasan. Pada berbagai kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan seperti FLU namun virus ini juga dapat menyebabkan infeksi pernapasan berat seperti PNEUMONIA, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Merebaknya Virus Covid-19 (CORONA) menimbulkan kekhawatiran tersendiri apalagi salah satu korban meninggal adalah warga Magetan yang berdomisili di Solo, ”ungkap Suprawoto. Mensikapi kondisi tersebut, Bupati Suprawoto segera bertindak cepat dengan didampingi segenap anggota FORKOPIMDA, Bupati Suprawoto memberikan penjelasan terkait Virus Corona agar tidak timbul kegaduhan di masyarakat. Penjelasan tersebut disampaikan dalam konferensi pers di ruang Jamuan Pendopo Magetan.

Bupati Suprawoto menjelaskan bahwa Pemkab Magetan melalui OPD terkait telah mengambil langkah antara lain melakukan penelusuran terhadap pihak-pihak yang berinteraksi dengan korban. Keluarga korban telah dilakukan pemeriksaan awal. Ada 7 orang yang melakukan kontak dengan korban yakni Istri korban sudah dirujuk ke rumah sakit pemerintah karena ada keluhan batuk pilek sedangkan anggota keluarga yang lain diisolasi di rumah kediaman dan dalam pengawasan petugas kesehatan hingga 14 hari ke depan. Jika muncul gejala akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sedangkan Pemkab belum menetapkan status KLB, karena status KLB ada prasyarat tersendiri hanya saja seluruh pihak harus meningkatkan kewaspadaan. Jelang musim liburan ini.

Bupati Magetan-Suprawoto juga menyarankan, ”bagi sekolah-sekolah untuk tidak melakukan wisata ke daerah rawan demikian juga dengan pusat keramaian seperti pasar dan terminal. Bupati Suprawoto memerintahkan langsung kepala OPD terkait untuk menyediakan fasilitas cuci tangan. Dari sisi kesiapan medis, Pemkab Magetan siap memberikan layanan kesehatan dari segala lini mulai Puskesmas, RSUD maupun rujukan ke layanan kesehatan lanjutan Pemkab Magetan juga siaga dengan layanan call center : (0351) 895023, Whatsapp (WA) : 081133352898, ”pesanya. Bupati juga berpesan kepada masyarakat untuk lebih bijak mensikapi berbagai informasi yang ada di berbagai media. “Identifikasi portal-portal informasi, apakah terpercaya atau tidak. Telaah informasi yang kita terima. Virus Corona dapat dicegah dengan hidup sehat, jaga kesehatan dan jika sakit jangan keluar rumah dan salah satu penangkal terhadap virus adalah IMUNITAS (kekebalan tubuh). Berbagai cara dapat dilakukan menjaga imunitas antara lain dengan mengkonsumsi makanan bergizi, cukup istirahat dan olahraga secara teratur, “pesan Bupati Magetan-Suprawoto saat  KonPers. ryn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar