Tragah Sentra Pengrajin Cincin Di Madura

Bangkalan-SJN     Kabupaten Bangkalan memiliki banyak potensi industri kerajinan yang keberadaannya sudah ada sejak dulu dan diwarisi secara turun temurun .

Selain kerajinan batik tulis Tanjung Bumi terdapat juga sentra industri pengrajin cincin di Desa Tragah Kecamatan Tragah.

Menurut keterangan Sugianto Sekretaris Desa Tragah ,dari tiga dusun di desa Tragah mayoritas warganya berprofesi sebagai pengrajin cincin selain bertani .

” Warga Tragah mayoritas berprofesi sebagai pengrajin cincin dan profesi tersebut sudah diwarisi secara turun temurun .” terang Sugianto di rumahnya Kamis (02/04)

Abdul Goni(24) salah satu generasi muda yang menekuni profesi pengrajin cincin menuturkan ,dirinya menekuni profesi pengrajin cincin demi menjaga dan melestarikan warisan nenek moyangnya.

“Saya berprofesi sebagai pengrajin cincin untuk menjaga dan melestarikan warisan nenek moyang ,siapa lagi yang meneruskan keahlian membuat cincin kalau bukan kita.” ungkap Goni.

Goni menambahkan beberapa waktu yang lalu untuk meningkatkan keahlian pembuat cincin Pemerintah Kabupaten Bangkalan pernah memfasilitasi tujuh orang warganya untuk mengadakan studi banding ke Kota Gede Yogyakarta selama empat hari.

” Saya bersama enam orang warga pernah studi banding ke Kota Gede (Yogyakarta ) ,selama empat hari ,disana saya diajarkan cara membuat liontin dan bros dari perak .” jelasnya

Harga jual satu cincin perak bervariasi antara 100 -300 ribu tergantung model dan tingkat kerumitan .Dalam sehari seorang pengrajin bisa menyelesaikan satu hingga lima cincin tergantung banyaknya pesanan.

Goni berharap Pemerintah Kabupaten Bangkalan memberi bantuan modal dan peralatan untuk membesarkan usahanya .

“Saya ingin sekali melihat Tragah menjadi destinasi wisata seperti Kota Gede Yogyakarta , setiap pengrajin disana memiliki show case atau etalase disetiap rumahnya untuk memajang hasil karya karena dengan banyaknya model yang dipajang bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk mengunjungi Tragah.”harapnya.(DNY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar