Ribuan Santri Al Fatah Temboro Magetan Di Pulangkan

 

MagetanSJN, Untuk membantu kelancaran dan juga untuk mengantisipasi serta sebagai upaya pencegahan covid 19,adakan Rapat di posko gugus tugas covid19 Magetan,Sabtu(04/04/2020)

Rapat yang dipimpin langsung bupati magetan SUPRAWOTO didampingi sekda, kodim dan polres bersama ponpes kampung madina al fatah temboro, kemenang, pol pp, kesra, dishup, kominfo/humas, kesbang. Membahas kepulangan santri al fatah temboro magetan.

Berdasarkan kesepakatan bersama diputuskan para santri untuk dipulangkan lebih awal dari biasanya (10 romadlon). Diharapkan sebelum tanggal 1 romadlon (24 april 2020) sudah selesai.
Pihak ponpes siap mengikuti arahan pemerintah. Dan akan segera memulangkan santri dengan armada dari pondok serta menjamin pulang sampai rumah masing masing bertemu keluarganya setelah hampir setahun mengikuti pendidikan di pondok.ujar Saif muchlisun

Terkait pemulangan santri dari data yang di serahkan ke pemkab ada 22.467 santri dari berbagai wilayah di indonesia dan berasal dari 12 negara.

Saif Muchlisun menyampaikan untuk Teknis sebelum dipulangkan dinkes akan memeriksa seluruh santri dan hasilnya akan diberikan ke pondok dan santri serta catatan kelengkapan dokumen di daerah asal.Jagan sampai satupun santri lepas tidak dapat catatan dari hasil pemeriksaan kesehatan kalau tidak ingin bermasalah di daerah asal khususnya.

Apabila ada yg sakit dirawat dulu. Setelah sehat baru boleh pulang.
Pemulangan secara bertahap. Pihak ponpes menyediakan armada sampai ke titik titik asal santri. Dan nanti akan dikontak di titik titik pulangnya santri ini diberitahu aparat/pemkab serta wali santri setempat. Di sanalah wali santri menjemput. Tdk boleh ke ponpes.

Untuk kepulangan Didahulukan sekitar magetan dulu. Bagi yg tdk dapat dijangkau kendaraan darat, Karena banyak yg luar pulau bahkan luar negeri Dipastikan dulu tiketnya. Klo memang blm dapat agar tinggal dulu di pondok sampai dapat tiket.

Untuk memudahkan koordinasi dan pengaturan serta penerimaan kepulangan para santri.
Untuk saat ini ponpes juga membuka akses aparat kesehatan (puskesmas setempat) mengecek kesehatan para santri.
Pengajian pengajian,jamaah tablig yang setiap bulan minim 100 orang sudah dihentikan. Demikian jg pondok sejak awal juga sudah mengikuti anjuran pemerintah dengan pola hidup bersih dan sehat. Bahkan makan yang biasanya dengan nampan sekarang sudah dengan piring.

Para santri selain mendapat asupan gizi yg seimbang juga Diberi vitamin utk kebugaran dan ketahanan daya tahan tubuhnya. Di pondok juga telah diberlakukan phisical distancing/jaga jarak phisik . Selain itu para santri juga dianjurkan Tidur juga lebih awal Olah raga yg cukup dll.

Hal ini dilakukan ponpes sebagai upaya ikut serta memutus mata rantai penyebaran covid-19 di magetan.
Para santri setelah dipulangkan sampai rumah masing masing juga harus tetap mematuhi aturan protokol kesehatan, diantaranya untuk melakukan isolasi mandiri dan tetap berperilaku hidup bersih dan sehat.

Saif Muchlisun menyampaikan juga bahwa Santri akan balik lagi ke ponpes biasanya 15 hari setelah lebaran. Untuk sekarang ini karena ada wabah corona masih melihat perkembangan keadaan terlebih dahulu.

Bupati Magetan SUPRAWOTO mengharap pihak pondok juga harus membuat berbagai rencana/skenario Termasuk skenario yang paling buruk sekalipun. Bahkan juga harus disiapkan pula bila Tahun ajaran baru mundur. Segala kebijakan nantinya akan terus di perbaharui untuk disesuaikan dengan situasi dan kondisi terbaru dari perkembangan Covid 19.

Dalam rapat juga disepakati mulai hari ini langsung dilaksanakan pemeriksaan kesehatan Yg lebih dahulu tentunya yg berasal dari daerah sekitar magetan.
Karena ribuan santri yang ada disana, tentunya pemulangannya secara bertahap dan bergelombang.
Sesuai arahan aparat keamanan TNI,POLRI,DISHUB.

Bupati Magetan suprawoto juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama dari Pondok Pesantren Al Fatah termasuk upaya yang dilakukan selama ini dalam menghadapi wabah corona di Magetan.

Luar biasa upaya yang dilakukan ponpes dibawah pimpinan KH Ubaidilah Abror( Gus Ubaid ) yang telah bersinergi bersama pemerintah melawan Covid-19.. Bupati juga titip salam kepada para santri kepada para orang tua wali santri dan keluarganya di rumah. Salam sehat dari Bupati Magetan. ryn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar