Skip to toolbar

Totalitas Cegah Covid -19 Kabupaten Bangkalan Segera Miliki Alat Uji Swab

Jpeg

Bangkalan – SJN    Jumlah orang dalam risiko (ODR) kasus wabah virus corona di wilayah Kabupaten Bangkalan , Madura, Jawa Timur, terus bertambah dengan signifikan. Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) virus corona (Covid-19) pun juga bertambah.

ODR yang menjadi sasaran penanganan virus corona di Bangkalan mencapai 12.172 jiwa. Sementara 400 orang masuk status ODP dan 3 orang pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona.Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona di Bangkalan meninggal dunia, Jumat (27/3) pasien tersebut berinisial MH asal Klampis. Ia meninggal dunia pukul 01.00 WIB dini hari saat mendapat perawatan di RSUD Syamrabu Bangkalan.

“MH meninggal bukan karena terpapar virus Corona (Covid-19) melainkan karena TBC kronis.” terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan H.Sudiyo ,S.KEP.Ns,MM. ketika ditemui di Kantornya Rabu ( 08/04)

Sudiyo menjelaskan untuk mendeteksi virus corona pada pasien di Indonesia, pemerintah menggunakan dua metode, yakni rapid test dan swab tenggorokan. Keduanya adalah pemeriksaan yang berbeda.

Rapid test corona hanya bisa digunakan sebagai penyaringan awal. Namun, untuk mendiagnosis seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak, hasil pemeriksaan swab dengan Polymerase Chain Reaction (PCR) lah yang digunakan.

RSUD Syamrabu Bangkalan akan memiliki laboratorium pemeriksaan virus Corona (COVID-19). Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan mengatakan “Saya sudah memesan peralatan Laboratorium PCR untuk uji swab senilai 1,450 Miliar .” ujarnya.

Sudiyo mengatakan, dengan laboratorium itu, kendala uji swab untuk mendeteksi virus Corona di Bangkalan dapat segera teratasi. Sebab, selama ini tes virus Corona terkendala waktu akibat lamanya hasil dari uji Laboratorium Kesehatan Pusat di Jakarta.

“Jika semua alat pendukungnya telah tersedia, diperkirakan dalam waktu dekat Bangkalan sudah mampu melakukan uji swab sendiri sehingga deteksi kasus COVID-19 di Bangkalan dapat dilakukan dengan segera.” pungkasnya.(D3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *