Pemdes Dukuh Lembeyan Magetan Gelar Bersih Desa

Magetan SJN.          Bertempat di punden Desa Dukuh Kecamatan Lembeyan kabupaten Magetan di selenggarakan tasyukuran Bersih desa.Kamis(24/06/2020)

Hadir sebagai undangan Camat Lembeyan beserta forkopimca Kecamatan Lembeyan dan lurah se kecamatan Lembeyan dan masyarakat sekitar.

Dalam rangka meningkatkan kearifan lokal dan juga “nguri-nguri” (melestarikan) budaya maka Pemdes Dukuh Kecamatan Lembeyan menyelenggarakan bersih desa (selan) sebagai rasa wujud syukur terhadap Tuhan YME atas panen yang melimpah pada tahun ini.

Disamping itu pelaksanaan bersih desa ini juga untuk mengenang jasa para pendiri desa dukuh, yang telah mengorbankan waktu, pikiran, jiwa dan raganya untuk mendirikan, menamai sekaligus memajukan Desa Dukuh.

Dalam pelaksanaan bersih desa ini menampilkan kesenian cokekan untuk menghibur warga sekitar punden. “sebagai wujud ucapan syukur atas panen yg melimpah, maka pada hari ini Pemdes. Dukuh Kecamatan Lembeyan melaksanakan acara bersih desa.

Karena masih dalam masa pendemi covid 19 maka penyelenggaraan bersih desa mengikuti protokol kesehatan diantaranya dengan menjaga jarak, memakai masker dan yang paling utama membatasi jumlah undangan dan warga yg ingin melihat yaitu tidak lebih dari 25 orang.

Hiburan yg ditampilkan yaitu cokekan juga sebagai wujud melestarikan budaya jawa seperti ada pepatah jawa mengatakan “wong jowo ojo ilang jawane”

“Pelaksanaan bersih desa kali ini disamping ucapan syukur juga untuk melestarikan budaya jawa yg mulai tereliminasi oleh kemajuan jaman ” ujar Camat Lembeyan.(Ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar