FOKAN Jatim dan BNNP Jatim Peringati HANI, Ketua FOKAN Jatim: Khusus Penanganan NARKOBA di Bangkalan Ada Cara BERBEDA

Surabaya-SJN. Ketua Forum Organisasi Kemasyarakatan Anti Narkotika Jawa Timur (FOKAN) Jatim-Zaenab Zuraidah Latif, SE mengatakan permasalahan narkotika yang terus mengancam bangsa kita adalah tanggung jawab semua komponen bangsa. ”Sehingga, kerjasama dari semua pihak diperlukan untuk menanganinya karena tindakan kejahatan narkoba merupakan ancaman kemanusiaan yang harus kita perangi bersama, ”pesan Zaenab saat memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di kantor BNNP Jatim Surabaya, Jum’at (26/06/2020).

Drs. Tri Arif bersama Zaenab Zuraidah Latif, SE, Ketua FOKAN Jatim dan Dr. Purwanto-Kabid Rehabiltasi BNNP Jatim

Zaenab, mengajak masyarakat untuk menyadarkan anak muda sebagai generasi penerus bangsa guna menjalani hidup yang lebih baik yakni hidup sadar sehat dan produktif 100% bahagia tanpa narkoba. ”Di Hari Anti Narkotika Internasional 2020 ini, saya Zaenab Zuraidah Latif, SE, Ketua FOKAN Jatim mengajak masyarakat untuk peduli dan beralih ke kehidupan yang lebih baik tanpa narkoba, ”serunya. Ia menambahkan, ”hidup 100 persen, sadar, sehat, produktif, bahagia tanpa narkoba. Selamat Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), ini merupakan hari keprihatinan dunia atas bahaya Narkotika di tahun 2020, ”tambah Zaenab.

Drs. Tri Arif dan Dr. Purwanto-Kabid Rehabiltasi BNNP Jatim bersama wartawati SJN

Zaenab, melanjutkan, ”pada intinya dalam acara HANI merupakan wujud NYATA kerja sama antara FOKAN Jatim dan BNNP Jatim yang mempunyai tujuan Jawa Timur Bersih dari Narkoba atau Jawa Timur Bersinar dengan MENGGAET Pengiat Budaya, para guru-guru PAUD dan anak-anak MILENIAL untuk Menolak NARKOBA dan Memberantas NARKOBA yang berkerja sama dengan BNNKabupaten di seluruh Jatim, nah khusus untuk Kabupaten BANGKALAN, kami punya cara tersendiri karena Bangkalan Kota Dzikir dan Sholawat maka akan kami gelar dengan DOA Bersama bukan dengan Hiburan, ”tandasnya.

Drs. Tri Arif Kabid Rehabiltasi BNNP Jatim dan Dr. Purwanto-Kasi Rehabiltasi BNNP Jatim

Dalam acara HANI ini juga digelar pula acara lomba VLOGER yang dibuka dengan meletuskan balon bersama anak-anak sekaligus penanda deklerasi penolakan dan perang melawan NARKOBA di kalangan generasi penerus bangsa yang bertujuan mewujudkan generasi bebas dan anti narkotika seluruh Indonesia Bersinar atau Indonesia Bersih dari Narkoba. Zaenab Zuraidah Latif, SE menegaskan pihaknya akan terus mendukung program, kegiatan dan kampanye bahaya penyalahgunaan NARKOTIKA bersama BNN sebagai media partner. Peringatan HANI 2020 ini diharapkannya dapat memotivasi, mengedukasi dan mengajak secara menyeluruh bagi muda mudi Jatim untuk berperang melawan narkoba.

Drs. Tri Arif Kabid Rehabiltasi BNNP Jatim

Di tempat yang sama Dr. Purwanto-Kabid Rehabiltasi BNNP Jatim juga menerangkan tentang mekanisme, ”rehabilitasi narkoba adalah suatu proses pemulihan pasien gangguan penggunaan narkotika baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang yang bertujuan mengubah mereka (terehabilitasi) agar siap kembali ke masyarakat dengan tujuan abstinensia, penghentian total penggunaan zat. Termasuk pengurangan frekuensi dan keparahan relapse, serta memperbaiki fungsi psikologi dan fungsi adaptasi sosial, ”terangnya.

Drs. Tri Arif Kabid Rehabiltasi BNNP Jatim bersama SJG

Masih ditempat yang sama, Drs. Tri Arif menjelaskan juga, ”treatment rehabilitasi yang dilakukan berdasarkan tingkat penggunaan narkoba, diantaranya, Interfensi singkat untuk pengguna ringan yaitu, penggunaan coba-coba rekresiasional dan situasional. Rawat jalan untuk penggunaan sedang yaitu, penggunaan teratur lebih atau sama dengan 3 hari perminggu dan sudah ada kecendrungan peningkatan penggunaan, namun belum ada tanda-tanda ketergantungan. Rawat inap untuk penggunaan berat yaitu, penggunaan secara rutin yang sudah menimbulkan ketergantungan fisik, psikis dan masalah sosial, ”pungkasnya. pri/hel/sur

seluruh jajaran BNNP Jatim dan FOKAN Jatim bersama SJG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar