Skip to toolbar

Desa Kalang Hadirkan Seni Reog di Acara Bersih Desa

Magetan,Suarajatim.News – Bersih desa merupakan tradisi turun temurun yang sudah dilestarikan sejak zaman dahulu. Bersih desa telah jadi medium masyarakat melakukan ritual, meminta do’a kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mengucapkan syukur atas limpahan rezeki dari-Nya.

Diawali dengan syukuran dan tumpengan di lingkungan Punden Mbah Kacang, dukuh Kacangan, Desa Kalang, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan, 2 Dadak merak Reog yang diiringi dengan gamelan dan beberapa penari jatil suguhkan hiburan kepada warga dan masyarakat desa Kalang.Minggu (13/09/2020).

 

Kepala Desa Kalang Suwardi Mengatakan walau tak semeriah tahun-tahun sebelumnya karena Covid-19. Bersih desa di Desa Kalang berjalan khidmat dan tentunya dengan protokol kesehatan.

Pagelaran reog ini memang rutin kita laksanakan setiap tahun sekali dalam kegiatan bersih desa, ini merupakan wujud syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, selain itu sebagai wujud pelestarian budaya turun temurun dari nenek moyang kita. Dalam pelaksanaan bersih desa ini kita juga mewanti-wanti kepada para masyarakat yang ikut serta dalam memeriahkan kegiatan ini dengan penerapan ptotokol kesehatan” tuturnya.

Dengan kegiatan ini kita berharap, seluruh lapisan masyarakat dari jajaran pemerintah dan juga warga khususnya Desa Kalang selalu di berikan keberkahan baik kesehatan, keselamatan, maupun rejekinya”pungkasnya.(Ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *