Skip to toolbar

DPUPR Magetan Buat Sumur Resapan Guna Antisipasi Banjir

Magetan,Suarajatim.News — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Magetan semakin serius dalam menanggulangi banjir dan genangan air. Rencananya, pada tahun ini, akan dibangun sumur resapan di setiap jalur Drainase.

Kepala Dinas PUPR Magetan, melalui Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya PUPR Kabupaten Magetan, Rokhmat Zainuddin. ST. MT menyampaikan dalam mengatasi genangan air akibat curah hujan di wilayah perkotaan maupun pemukiman warga,kami akan menindaklanjuti dengan memberikan sumur resapan di beberapa jalur Drainase di ruas jalan ketika musim penghujan tiba.Kamis (24/09/2020)

“Maka pengelolaan sumber daya air dan drainase diperlukan kelestarian fungsi lingkungan agar tetap terjaga terutama genangan/banjir di beberapa ruas jalan ketika musim hujan tiba yang menganggu drainase penataan utilitas kota.”(jelasnya)

Dia berharap, dengan dibangunnya sumur resapan, dapat menahan laju air dan mempercepat penyerapan air ke dalam tanah atau dapat menampung sementara debit air jika hujan turun.

 

Dengan begitu, kata dia, diharapkan mampu memecahkan masalah banjir dan genangan air di Kota Magetan. “Kami juga mendorong masyarakat untuk membangun sumur resapan di halaman rumah masing-masing. Hal ini sebagai salah satu cara menanggulangi banjir dan genangan air di jalan,” ujar Rokhmad.(Ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *