Skip to toolbar

Ops Semeru ZEBRA 2020 Polresta MALANG, Tertibkan Tujuh PELANGGARAN dan Sosialisasi ProKes COVID-19 agar Tercipta KAMTIBCARLANTAS

Malang-SJN. Operasi Zebra Semeru tahun 2020 resmi digelar mulai tanggal 26 Oktober hingga 8 November oleh seluruh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta dan Polres jajaran di lingkup wilayah hukum Polda Jawa Timur di antaranya Operasi Zebra Semeru 2020 yang dilakukan oleh Satlantas Polresta Malang di beberapa titik di wilayah Kabupaten dan Kota Malang. Kasat Lantas Polresta MalangAKP Ramadhan Nasution, S.I.K.,MH.,M.Si. mengatakan Operasi Zebra Semeru 2020 kali ini dilakukan untuk menegakkan aturan lalu lintas dan pentertiban Protokol Kesehatan COVID-19.

”Untuk tahun ini kami melakukan pentindakan bagi pelanggar yang kurang disipilin dengan lebih mengutamakan tindakan pada pendekatan yakni Preentif dan Preventif atau lebih mengutamakan tindakan SOSIALISASI, PENYULUHAN serta HIMBAUAN namun ada sedikit pentindakan juga di lapangan, ”jelasnya saat ditemui SJN di Mapolresta Malang, Rabu (28/10/2020). AKP Ramadhan Nasution menambahkan, ”ada sekitar 40 persen tindakan preentif, 40 persen tindakan preventif dan 20 persen sisanya akan dilakukan sanksi pentindakan Represif, ”tambahnya.

AKP Ramadhan Nasution mengungkapkan, ”prosentase ini berdasarkan pada pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2020 dan gelaran Oprs Yustisi Pandemi Covid-19. Sebab Pandemi Covid-19 yang belum tentu pasti kapan akan berakhir yang mungkin diprediksi sampai akhir tahun. Nah kami mengharapkan dengan cara SOSIALISASI, Insya Allah tepat sasaran yang sekiranya sekaligus pula mengedukasi masyarakat akan pentingnya tertib berlalulintas dan protokol kesehatan yakni dengan cara minimal pencegahan dengan tertib dan benar cara menggunakan MASKER, ”ungkapnya.

AKP Ramadhan Nasution melanjutkan, ”Operasi Zebra Semeru yang berlangsung selama dua pekan ini akan mensasar di beberapa titik kerawanan pelanggaran lalu lintas. Terlebih mulai tanggal 28 Oktober 2020 telah dimulai hari ini di masa libur panjang sampai hari Minggu (08/11/2020). Lokasi yang disasar ini selama libur panjang ini adalah lokasi yang sejalur menuju obyek wisata, rawan macet, rawan laka serta rawan pelanggaran, ”lanjutnya.

 

Masih AKP Ramadhan Nasution, ”berdasarkan Intensitas lalu lalang kendaraan selama masa liburan panjang ke depan kami akan dikerahkan seluruh personel Satlantas Polresta Malang untuk melakukan pengamaman Operasi Zebra Semeru 2020. Personel lantas kebetulan pada saat musim libur panjang inikan pelayanan akan ditutup jadi hanya pelayanan hari Senin, Selasa sampai Sabtu. Nah oleh karena itu kami kerahkan semua personil untuk terjun ke lapangan. Ada sekitar 130 personel yang akan bertugas membantu mengamankan Operasi Zebra Semeru 2020 ini, ”ujarnya.

Sementara itu untuk hari KETIGA pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2020 ini sasaran di lokasi di salah satu titik di sekitaran jalan Raya Kecamatan Blimbing Malang Kota didapati PELANGGAR yang tidak mempakai masker dengan benar dan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 sekalgus pentindakan yang bersifat pendekatan secara sosialisasi dari jajaran Polsek Blimbing dengan membagikan masker secara gratis agar para pelanggar ini sadar betapa pentingnya upaya pencegahan penyebaran COVID-19 saat liburan panjang dan usai liburan dengan tidak membawa pulang virus.

Hal ini diungkapkan, Ipda Syaiful Ilmi-Panit Lantas Polsek Blimbing saat ditemui di lokasi. ”Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota dan Kabupaten Malang agar memperhatikan kelengkapan dalam berkendara serta patuhi Protokol Kesehatan saat liburan panjang ini jangan sampai sepulang dari liburan membawa virus, mas (SJN). Ilmi menambahkan, ”Sasaran Ops Semeru Zebra kami tekankan pada 7 (tujuh) item tindakan pelanggaran di antaranya tidak menggunakan helm, pengendara di bawah umur, pengendara melawan arus, menggunakan ponsel saat berkendara, tidak menggunakan Safety Belt (sabuk pengaman-red) dan berkendara dalam pengaruh ALKOHOL, sesuai arahan Dirlantas Polda Jatim-Kombes Pol Latief Usman, S.I.K. M. Hum, agar tercipta KAMTIBCARLANTAS serta Sosialisasi ProKes COVID-19 dengan memberi masker terhadap masyarakat yang tidak menggunakan Masker, ”pungkasnya. hel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *