Skip to toolbar

Mengintip Uyon-Uyon di Tengah Pandemik Corona

Magetan, Suarajatim.News – bertempat di Pendopo Surya Graha Magetan, Disparbud Magetan Gelar seni budaya Uyon – Uyon.Senin(30/11/2020)malam

Hadir dalam pagelaran seni uyon – uyon Bupati Magetan Dr. Drs, H, Suprawoto, perwakilan Disparbud propinsi Jawa timur, kepala Disparbud Magetan yang di wakili Sekdin Ayudia primasworo, kepala Diskominfo Magetan.

Uyon-uyon diambil dari bahasa Jawa, yaitu manguyu-uyu yang artinya bercanda akrab. Sehingga uyon-uyon dalam perayaannya memadukan suara gamelan dan sinden yang tampil selaras.

Karena menerapkan protokol kesehatan, Uyon-Uyon kali ini dilaksanakan tanpa penonton. Namun tetap di tayangkan secara live/streaming di channel Disparbud Magetan.

Dalam sambutanya Disparbud propinsi Jawa timur yang di wakili Kepala Bidang Kebudayaan Suwondo menyampaikan bahwa gelar uyon uyon ini merupakan kegiatan rutin,yang di karenakan masa Pandemi covid-19 ini maka kegiatan ini kami gilir.

mudah-mudahan kegiatan ini uyon-uyon ini meskipun hanya sedikit Memberikan manfaat untuk khususnya ini teman-teman seniman di Kabupaten Magetan

Kami juga telah lakukan typing untuk kegiatan festival budaya agraris, mudah-mudahan tahun depan itu kita bisa segera bangkit dan mungkin yang paling penting kita bersama-sama terus berdoa agar pandem ini segera berlalu.

Di kesempatan yang sama Bupati Magetan Suprawoto menyampaikan jangan liat kecilnya pagelaran tapi lihat maknanya, jangan kelihatan besar tapi tidak ada maknanya, Prawoto berharap kesenian ini kita lestarikan dan kita budayakan.

Dan saya juga berharap para seniman dari Magetan harus di libatkan dalam acarapakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun “pungkasnya.”(Ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *