Skip to toolbar

Sarangan Telaga Yang cantik dan Layak Di Kunjunggi

Magetan,Suarajatim.News – Telaga Sarangan di kaki Gunung Lawu bisa menjadi pilihan traveler untuk menghabiskan akhir pekan ini. Suguhan pemandangan indah, makanan enak, dan pilihan suvenir menjadi daya tariknya.

Pernahkah Anda membayangkan, bagaimana rasaya bila suatu hari Anda dapat menghabiskan petang dengan ditemani gemercik air jernih di sebuah telaga indah yang ada di depan mata?

Anda duduk di tepi telaga itu sembari merasakan nikmatnya embusan angin sejuk pegunungan. Sementara itu, mata bisa liar menatap pesona pegunungan komplet dengan kabut yang menjadi latar belakang telaga itu. Selain itu, kalian bisa menunggang kuda untuk mengelilingi danau itu.

Belum cukup, saat lapar melanda, kalian bisa dengan mudah mampir ke warung makan, memilih santapan dan yang penting dengan harga yang terjangkau.

Kemudian, saat akan pulang teringat tetangga dan teman-teman yang belum sempat singgah, gampang saja membelikan suvenir?
Atau kalau ingin menginap cukup banyak tempat bermalam.

Semua itu bisa saya temukan saat saya melancong ke Telaga Sarangan.
Telaga yang ada di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Saya menghabiskan waktu empat jam menuju Sarangan. Setiba di area parkiran, saya disambut puluhan kios cendera mata yang berjejeran di sepanjang jalan menuju tepi telaga.

Kios-kios tersebut menjual berbagai macam cendera mata, mulai dari makanan khas Magetan, aksesoris, buah-buahan, hingga aneka macam kaos dan baju dengan harga yang terjangkau

Setelah berjalan kaki sekitar 150 meter dari parkiran mobil dan melewati kios-kios cendera mata, akhirnya kami bisa sampai di tepi telaga. Kami langsung dibuat takjub dengan pemandangan alamnya.

Sebuah telaga dengan air jernih yang dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menjulang tinggi serta birunya gunung Lawu yang terlihat jelas di atas telaga. Pemandangan tersebut juga diperindah dengan adanya kabut yang samar-samar menutupi gunung.

Telaga sarangan yang juga dikenal sebagai telaga pasir ini berada pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, dengan luas mencapai 30 hektar.

Warna air telaga cukup jernih, namun bila dilihat dari kejauhan akan nampak kehitam-hitaman karena memiliki kedalaman sekitar 28 meter. Telaga cantik ini terbentuk secara alami pada ribuan tahun silam.

Ada yang menarik saat kami mengamati sekeliling telaga. Kami mendapati banyak sekali kuda yang berjejeran di sekitarnya. Menurut Marsono, salah satu pemilik kuda, yang disediakan pemerintah Kabupaten Magetan untuk memfasilitasi para pengunjung Telaga Sarangan yang ingin berkeliling mengitari telaga.

Bagi traveler yang ingin berkunjung ke tempat ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 60.000 agar dapat berkuda ria sambil menikmati indahnya pesona alam di sekitar telaga.

Selain berkuda mengitari telaga, traveler juga bisa mencoba wahana air, speed boat. Speed boat ini dapat dinaiki 3-4 orang. Tarif yang dikenakan bergantung dengan banyaknya putaran yang diinginkan. Untuk satu putaran, Anda dikenai biaya sewa sebesar Rp. 60.000.

Tapi, bila traveler ingin lebih lama maka akan dikenai biaya yang lebih mahal, sesuai dengan jumlah putaran. Bagi traveler yang ingin merasakan tantangan lebih bisa juga menjajal speed boat.

Sepasangan suami istri yang mengunjungi Telaga Sarangan, Dewa dan Rilla, sangat puas dengan perjalanan kali ini. Mereka bilang Telaga Sarangan berbeda dari tempat wisata yang pernah mereka kunjungi karena menawarkan wisata alam yang masih alami. Pengunjung asal Yogyakarta ini mengaku tidak pernah mendapati wisata alam yang saya alami itu di Yogyakarta.ungkapnya,Minggu(29/11/2020).

“Di sini kan telaganya gede nya segini. Jadi enak. Nggak kayak di Jogja. Wisata di Jogja kan banyak banget, tapi udah nggak alami. Kalo di sini wujudnya bener-bener alami. Jadi walaupun jauh, ya kebayarlah,” ujar Dewa.

Sementara itu, menurut Rilla, Telaga Sarangan cukup menarik dan bisa menghilangkan penat, hanya saja perlu dibersihkan lagi agar terlihat lebih menarik.

“Bagus. Bisa ngilangin penat lah. Tapi mungkin lebih dibersihin aja biar makin menarik,” ujarnya.

Setelah lelah berkeliling, Anda dapat duduk santai di tepi telaga sambil menikmati kuliner yang Anda inginkan. Ada banyak sekali pedagang keliling maupun rumah makan yang menjual berbagai macam menu makanan di sekitar telaga. Adapun menu andalan di Telaga Sarangan ini yaitu sate kelinci.

Sate Kelinci menjadi kuliner khas Telaga Sarangan yang paling banyak diminati para pengunjung. Selain dagingnya yang empuk dan renyah, harganya juga murah, Hal inilah yang membuat para pengunjung tertarik untuk membeli.

Bagi traveler yang berasal dari luar kota dan masih ingin berlama-lama menikmati indahnya telaga, dapat menyewa penginapan di sekitar Telaga Sarangan. Ada banyak jenis penginapan yang disediakan penduduk sekitar, baik vila atau hotel.

Hotel adalah penginapan yang paling banyak diminati pengunjung. Selain karena jaraknya yang lebih dekat dari telaga, tarif sewa yang dikenakan pun lebih murah dengan fasilitas yang komplet.

Jika Anda berjalan kaki dari tepi telaga menuju parkiran roda empat, Anda akan menemui banyak sekali hotel yang berjejeran di sebelah kanan dan kiri jalan. Mulai dari hotel Morodadi, hotel Merah Sarangan, Green House, dan masih banyak lagi. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin bermalam di tempat ini. Karena Anda dapat beristirahat dengan nyaman di penginapan yang Anda inginkan.

Jadi, bila Anda ingin menikmati sejuknya udara pegunungan, hijaunya hamparan pepohonan, pun syahdunya gemercik air yang menenangkan, Telaga Sarangan adalah tempat yang sangat layak menjadi pilihan. Tunggu apa lagi? Mari ajak sanak saudara berwisata di telaga cantik ini!(Ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *