Kurangi Luapan Air, DPUPR Magetan Segera Bangun Sodetan

Magetan, suarajatim.news – ‌Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) bidang cipta karya akan membangun sodetan diberbagai titik. Upaya itu dalam rangka membuat pola aliran air baru saat volume meningkat terutama di musim hujan.

PLT kepala Dinas PUPR Magetan melalui Kepala bidang cipta karya Rokhmat Zainuddin. ST. MT, saat di temui di kantornya, Senin (22/03/2021) mengatakan, Pihaknya telah mendesain pembangunan sodetan yang bertujuan membuat pola aliran baru di sungai yang kapasitasnya tak menampung saat volume bertambah. Kehadiran sodetan mampu mempercepat aliran air dari hulu ke hilirnya.

Salah satu Contohnya di Cepoko, sungai sardon, yang nantinya akan kita buat sodetan, supaya air mengalir ke Sungai sardon yang juga menampung aliran air dari sungai lainnya, Oleh karenanya melalui perencanaan sodetan dapat memecah aliran air tidak meningkat di satu titik sungai,”kata dia

Jadi jika nanti kita bangun sodetan di sungai sardon, akan mengurangi debit air yang selama musim hujan ini menyebabkan luapan air di wilayah kebaran dan di jalan Sukowati.

Guna mempercepat perencanaan tersebut pihaknya berkordinasi serta menyampaikan perencanaan tersebut dengan pihak terkait, Upaya itu dilakukan sebab kehadiran sodetan memiliki dampak besar dalam mengatasi luapan air di sungai. “Rencananya akan ada beberapa titik sodetan salah satunya di sungai sardon”tegasnya”

Banjir sendiri disebabkan sungai-sungai yang meluap karena volume yang melebihi kapasitas tampung air.”pungkasnya”(Ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *