Wakil Ketua DPRD Magetan, Bank Sampah Membawa Berkah

Magetan, suarajatim.news – Wakil Ketua DPRD Magetan dr Pangajoman M.M, menilai sampah bukan lagi persoalan lokal, tetapi sudah menjadi persoalan global, perlu penanganan secara serius dan terencana. Jika sampah tidak dikelola dengan baik, menurutnya banyak dampak bencana yang akan ditimbulkan seperti longsor tumpukan sampah, sumber penyakit, pencemaran lingkungan serta dapat mengakibatkan banjir.

Pangajoman ketika sosialisasi Perda nomer 6 Tahun 2013 tentang pengelolaan sampah dan Perda Nomer 1 Tahun 2016 yang bertempat di Balai Desa Ngadirejo, kawedanan, Magetan, mengatakan Bank Sampah bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi persoalan sampah. Selasa (06/04/2021)

Sosialisasi yang juga di hadiri kepala desa Ngadirejo, dan masyarakat, kelompok bank sampah, pengurus PKK.

Bank Sampah akan mengajarkan masyarakat untuk memilih, memilah dan mengelola sampah secara bijak. “Yang pada akhirnya akan mampu mengurangi dampak yang ditimbulkan serta kuantitas sampah yang diangkut ke TPA, disamping memiliki nilai ekonomis tentunya.

Bank Sampah, menjadi momentum awal dalam upaya membina kesadaran kolektif masyarakat untuk mulai memilih dan memilah, mendaur ulang dan memanfaatkan sampah sehingga pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan menjadi budaya baru di Indonesia khususnya di Kabupaten Magetan”tegas pangajoman”

Kehadiran Bank Sampah menjadi penting karena perannya diharapkan mampu mengurangi sampah secara terintegrasi dan menyeluruh.

Dalam sosialisasi tentang sampah Pangajoman juga memberi pemahaman kepada masyarakat untuk bisa membedakan antara pengepul sampah dan bank sampah.

Masyarakat yang mengelola bank sampah demi kebaikan bersama, sedangkan pengepul demi keuntungan pribadi, mari saudara jadilah pahlawan dan pejuang lingkungan melalui bank sampah”tegas pangajoman”

Pangajoman berharap Kegiatan ini bisa memberikan edukasi kepada seluruh warga terutama generasi muda agar peduli terhadap pengurangan sampah khususnya di Magetan”pungkas pangajoman”(Ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *