Pengarusutamaan Moderasi Beragama Dan Wawasan Kebangsaan Di Lingkup Kemenag Kabupaten Magetan

Magetan, suarajatim.news – Bertempat di Aula Utama Kemenag Kabupaten Magetan, Dr, Drs, H, Suprawoto S.H, MSi, sebagai narasumber dalam acara Sosialisasi Moderasi Beragama bagi Penyuluh Agama Islam di Kabupaten Magetan.

Acara sosialisasi secara resmi di buka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Magetan, Muttakin MAg, Kamis ( 08/04/2021 ).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kemenag Kabupaten Magetan yang diikuti 190 Penyuluh Agama Islam Honorer di lingkup Kemenag Kabupaten Magetan.

Kepala Kemenag Kabupaten Magetan Muttakin MAg, dalam sambutanya menyampaikan latar belakang dan tujuan diadakannya kegiatan ini guna meningkatkan kemampuan, wawasan bagi Penyuluh tentang Moderasi Beragama dan meningkatnya Wawasan Kebangsaan bagi para Penyuluh.

cara pandang sikap dan praktek beragama yang berlebihan atau ekstrem yang mengesampingkan martabat kemanusiaan, berkembangnya klaim kebenaran subjektif dan pemaksaan kehendak atas tafsir serta pengaruh kepentingan ekonomi dan politik berpotensi memicu konflik dan ketiga berkembangnya semangat beragama yang tidak selaras dengan kecintaan berbangsa dalam bingkai NKRI.

Peningkatan tantangan tersebut maka penting memperkuat moderasi beragama melalui lima kebijakan strategis, diantaranya penguatan cara pandang sikap dan praktik beragama jalan tengah, penguatan Harmonisasi dan kerukunan umat beragam, penjelasan relasi agama dan budaya, Peningkatan kualitas pelayanan kehidupan beragama dan pengembangan ekonomi dan sumber daya keagamaan.”tegasnya”

Muttakin MAg, menambhakan bahwa Agama adalah pedoman hidup yang kekal, Agama adalah Sistem yang mengatur tata keimanan dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta tata kaidah yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya, manusia dengan sesama dan lingkungannya.(Ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *