Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Bisnis » Masyarakat KRIAN Kini Dapat MERASAKAN Manfaat P3-TGAI

Masyarakat KRIAN Kini Dapat MERASAKAN Manfaat P3-TGAI

(298 Views) November 20, 2020 6:40 am | Published by | No comment

Sidoarjo-SJN. Penyelenggaraan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di beberapa desa di Kecamatan Krian telah selesai dilaksanakan. Air tampak mengalir dengan lancar di saluran irigasi yang menjadi objek P3-TGAI.
Daerah Irigasi Kanal Mangetan di Desa Sedengan Mijen merupakan salah satu lokasi penerima P3-TGAI di Kecamatan Krian. Kepala Desa atas nama warga Desa Sedengan Mijen, M Hasanudin S.Ag mengapresiasi pembangunan saluran irigasi melalui P3-TGAI. Menurut M Hasanudin, P3-TGAI telah memberikan kemudahan dalam mendistribusikan air. “Dengan adanya plensengan (saluran Irigasi P3-TGAI, red) lebih safe atau lebih aman dan pembagian air lebih baik antara sawah satu dengan yang lain”, ujar Hasanudin melalui kanal you tube Travezia.


P3-TGAI juga berperan dalam menggerakan perekonomian Desa Sedengan Mijen. Pembangungan saluran Irigasi P3-TGAI oleh HIPPA Mijil Makmur ini memperkerjakan masyarakat yang terdampak oleh pandemi. “Total kita memperkerjakan 20 tenaga kerja yang terdiri dari 16 pekerja laki-laki dan 4 perempuan, semuanya adalah warga masyarakat Desa (sedengan) Mijen”, Hasanudin menambahkan.
Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Desa Terung Kulon, Joko Sarwono. Pembangunan saluran Irigasi P3-TGAI di Desa Terung Kulon memperbaiki perekonomian warga yang terdampak pandemi. “Pengerjaannya (P3-TGAI red) dilakukan padat karya, dari warga Desa Terung Kulon, hasilnya ini menambah pemasukan (penghasilan red)”, testimoni Joko Sarwono dalam sebuah video.
Joko sarwono juga mengharapkan agar Desanya menjadi penerima P3-TGAI kembali pada Tahun 2021. “Para petani dan kami semua ini sangat membutuhkan bantuan ini (P3-TGAI red) berlanjut di tahun-tahun mendatang, supaya hasil pertanian meningkat dan memberikan kemakmuran bagi warga Terung Kulon”, Joko Sarwono menambahkan.
P3-TGAI merupakan program perbaikan, rehabilitasi, dan atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air, Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A, GP3A atau IP3A).
Sebagai program padat karya, pembangunan saluran irigasi sepanjang 250-300 meter didanai oleh APBN 2020 dengan anggaran Rp195 juta untuk setiap lokasi. Hesti Nurina Paramita selaku Pejabat Pembuat Komitmen OP III Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas saat dikonfirmasi membenarkan bahwa masing-masing desa penerima P3-TGAI memperoleh anggaran sebesar Rp195 juta.
“Jangka waktu pembagunan adalah kurang lebih 100 hari kalender terhitung sejak ditandatanganinya Surat Perjanjian Kerja Sama (SPKS) antara BBWS Brantas dengan Ketua Perkumpulan Petani (P3A/HIPPA) dan Desa penerima program”, imbuhnya.


Pelaksanaan P3-TGAI Tahun 2020 mengacu kepada Keputusan Menteri PUPR Nomor: 1352/KPTS/M/2020. Dalam keputusan tersebut, BBWS Brantas menyeleggarakan P3-TGAI di 729 desa yang tersebar di 18 Kabupaten di Provinsi Jawa Timur. sam-rud


Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /home/hengkyabidin/public_html/suarajatim.news/wp-content/themes/magazimple1.0dev/addthis.php on line 4
Categorised in:

No comment for Masyarakat KRIAN Kini Dapat MERASAKAN Manfaat P3-TGAI

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Notice: Undefined variable: options in /home/hengkyabidin/public_html/suarajatim.news/wp-content/themes/magazimple1.0dev/footer.php on line 17

Notice: Trying to access array offset on value of type null in /home/hengkyabidin/public_html/suarajatim.news/wp-content/themes/magazimple1.0dev/footer.php on line 17