Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Daerah » Ketua DPD FOKAN Jatim Hadiri Sosialisasi P4GN di Jogodalu Gresik

Ketua DPD FOKAN Jatim Hadiri Sosialisasi P4GN di Jogodalu Gresik

(419 Views) June 14, 2020 5:21 pm | Published by | No comment

Gresik- SJN     Ketua DPD FOKAN (Forum Organisasi Kemasyarakatan Anti Narkoba) Jawa Timur Zaenab Zuraidah Latif, SE. Menghadiri kegiatan sosialisasi P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba )dalam rangka menyambut Hari Anti Narkotika Internasioal (HANI) yang jatuh pada tanggal 26 Juni 2020 mendatang.

Kegiatan yang diadakan di Balai Desa Jogodalu Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik ,Minggu (14/06/2020) dihadiri oleh Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim, M.Si, Camat Benjeng Suryo Wibowo , Kepala Desa Jogodalu Juwainingsih,SE., calon Ketua DPK FOKAN Gresik Sulistiono dan Penasehat Leonard Domingo Nababan, SH

Dalam sambutannya Ketua DPD FOKAN Jatim yang juga istri Bupati Bangkalan tersebut menyampaikan sosialisasi bahaya yang ditimbulkan akibat menggunakan narkoba. ” Dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan narkoba sangat merugikan sekali, tidak hanya gangguan fisik tapi juga mental atau jiwa para pengguna narkoba “.terangnya.

Diharapkan adanya program P4GN dari pemerintah dapat didukung oleh semua pihak .Semua elemen masyarakat harus turut serta berperan aktif mensukseskan program P4GN tersebut.

“Permasalahan penyalahgunaan narkoba telah merambah ke semua tatanan kehidupan masyarakat. Oleh karena itu diperlukan upaya-upaya pencegahan dan pemberdayaan masyarakat yang komprehensif dan berkesinambungan. Dalam hal ini, para penggiat anti narkoba sebagai agen P4GN, diharapkan dapat berpartisipasi aktif.” ungkap Srikandi Bangkalan dengan berapi- api.

Wabub Gresik Dr.Moh.Qosim.

Ditempat yang sama Wabub Gresik menambahkan Dalam upaya P4GN, para penggiat dapat melakukan upaya dari hal-hal sederhana, misalnya sosialisasi lewat apel pagi.

“Salah satu contoh pencegahan yang dapat dilakukan yaitu pada saat apel pagi. Pimpinan dapat menyampaikan bahaya penyalahgunaan narkoba, dan apabila dilakukan berulang-ulang tentunya itu adalah hal yang bagus”, tutur pria alumni IKIP Malang tersebut.

Lebih lanjut Wabub kelahiran Lamongan itu mengatakan, pentingnya pemberdayaan masyarakat bersama instansi pemerintah dalam program P4GN adalah dalam rangka upaya memobilisasi seluruh sumber daya yang ada untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam rangka penanganan narkoba yang meliputi aspek pencegahan, rehabilitasi dan pemberantasan, dan yang terpenting faktor kepedulian serta perhatian dari keluarga.

Sementara itu Sekretaris DPD FOKAN Jawa Timur Umar Al Khotob yang akrab disapa Ki Dalang pada kesempatan tersebut mengajak para insan Pers untuk ikut berperan serta menyebarkan berita tentang penanganan akibat narkoba. “Karena salah satu pintu masuk kecanduan narkoba adalah rokok,” kata Ki Dalang yang juga menjabat Ketua DPD Jawa Timur Pusat Komunikasi dan Informasi (Puskominfo) Indonesia, organisasi para wartawan media cetak dan online di Indonesia.

Ia juga menegaskan, dipilihnya Jogodalu sebagai tempat sosialisasi P4GN karena desa ini merupakan zona hitam peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten.

Dalam kesempatan ini, Ki dalang juga mengenalkan tentang Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) sebagai institusi yang bertugas menerima pengaduan bagi siapapun yang menggunakan atau kecanduan narkoba namun tidak diproses secara hukum.

“Karena pecandu narkoba tidak boleh dipenjara, sehinggga pengguna dan penyalahguna narkoba yang merupakan korban akan direhab,” pungkasnya (D3)


Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /home/hengkyabidin/public_html/suarajatim.news/wp-content/themes/magazimple1.0dev/addthis.php on line 4
Categorised in:

No comment for Ketua DPD FOKAN Jatim Hadiri Sosialisasi P4GN di Jogodalu Gresik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Notice: Undefined variable: options in /home/hengkyabidin/public_html/suarajatim.news/wp-content/themes/magazimple1.0dev/footer.php on line 17

Notice: Trying to access array offset on value of type null in /home/hengkyabidin/public_html/suarajatim.news/wp-content/themes/magazimple1.0dev/footer.php on line 17