Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Hukrim » Penipuan Investasi Sunmod Alkes Muncul Di Polda Jatim, Polisi Gerak Cepat Amankan Otak Tersangka

Penipuan Investasi Sunmod Alkes Muncul Di Polda Jatim, Polisi Gerak Cepat Amankan Otak Tersangka

(603 Views) February 1, 2022 4:11 pm | Published by | No comment

Surabaya – SuaraJatim.News – Penipuan Investasi Suntik Modal Alat Kesehatan, Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim tangkap satu orang tersangka Penipuan bermodus suntik modal (sunmod) pengadaan alat kesehatan (Alkes) dengan nilai kerugian sekitar Rp. 30 milyar dari 6 laporan resmi yang masuk ke Polda Jatim, Rabu (26/1/2022).

Pelaku bernama Tiara NA (36) warga Surabaya yang telah menjalankan praktik penipuan tersebut sejak awal pandemi Covid-19 merebak, sekitar pasar 2020.

Untuk sementara total kerugian dari 6 laporan ini sekitar Rp 30 miliar. Tapi tidak menutup kemungkinan kerugian ini bertambah, karena diperkirakan korban yang belum melaporkan masih ada ratusan orang.

Dalam perkara ini berperan sebagai otak perkara. Tersangka juga merekrut beberapa orang untuk turut menjadi anak buahnya dalam mencari calon korban agar ikut dalam investasi alkes fiktif ini,” ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko di Mapolda Jatim, Rabu (26/1/2022).

Menurut Kasub Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim, AKBP Lin Mahardono, Modusnya, terbilang nekat karena pelaku para korbannya untuk menyediakan uang untuk penyediaan alkes, dengan jaminan keuntungan 40% dalam jangka waktu 14-17 hari.

Alkes tersebut, disebut sebagai pengadaan di beberapa Rumah Sakit (RS) yang berlokasi di luar Pulau Jawa.

Agar semakin calon korbannya, pelaku membuat jumlah pengadaan barang lengkap dengan borang SPK laiknya surat menyurat pengadaan barang resmi pada umumnya.

“Sudah kami konfirmasi, pihak dari 12 RS menyatakan tidak kenal dan tidak pernah menjalin kerja sama dengan tersangka. Jadi dia sengaja mencatut nama 12 RS untuk melakukan pengadaan alkes palsu,” ungkap Lintar.

Praktik lancung akhirnya berhasil ditemukan, setelah pihak pihak yang tidak memiliki keuntungan pembayaran atau modal milik para investor yang telah berhasil sejak awal.

Lintar memastikan, pelaku menjalankan praktik tersebut seorang diri dengan menggunakan sistem jejaring pertemanan yang difungsikan sebagai agen dengan tugas mencari calon korban agar ikut investasi sunmod.

Catatan, terdapat 14 orang agen yang dikomandoi oleh tersangka sebagai otak kejahatan. Satu orang agen ternyata menaungi sekitar 10-70 orang korban. “Tidak menutup kemungkinan bertambah. Keuntungan agen, kami masih dalami semua,” pungkasnya.

(Budi)


Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /home/hengkyabidin/public_html/suarajatim.news/wp-content/themes/magazimple1.0dev/addthis.php on line 4
Categorised in: , , ,

No comment for Penipuan Investasi Sunmod Alkes Muncul Di Polda Jatim, Polisi Gerak Cepat Amankan Otak Tersangka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Notice: Undefined variable: options in /home/hengkyabidin/public_html/suarajatim.news/wp-content/themes/magazimple1.0dev/footer.php on line 17

Notice: Trying to access array offset on value of type null in /home/hengkyabidin/public_html/suarajatim.news/wp-content/themes/magazimple1.0dev/footer.php on line 17