Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Informatif » Dukung Pembelajaran Anak-Anak Kampung Tales, Mahasiswa FIKOM Universitas Ciputra Surabaya Berikan Bantuan Karpet Alas Belajar Untuk Sanggar Merah Merdeka.

Dukung Pembelajaran Anak-Anak Kampung Tales, Mahasiswa FIKOM Universitas Ciputra Surabaya Berikan Bantuan Karpet Alas Belajar Untuk Sanggar Merah Merdeka.

(270 Views) December 29, 2021 4:54 pm | Published by | No comment


Proses serah terima kenang-kenangan oleh ketua pelaksana pengabdian masyarakat kepada perwakilan koordinator SMM Kampung Tales (20/12/2021)

Surabaya – SuaraJatim.News – (28/12) Berlokasi di wilayah perkampungan padat penduduk sekaligus dalam kondisi kekurangan tidak membuat semangat belajar anak-anak disini surut. Sejak didirikannya Sanggar Merah Merdeka (SMM) yang berada di bawah naungan Yayasan Kasih Bangsa Surabaya (YKBS) dimana dibawahi oleh Rm. Ignatius Novan Agestyo., CM. Organisasi non profit yang bergerak di bidang pendidikan ini memiliki tujuan salah satunya untuk memberikan fasilitas berupa ruang aktualisasi diri bagi anak-anak sekaligus menumbuhkan harga diri anak miskin.

“Anak-anak disini memiliki rasa keingintahuan dan semangat yang tinggi dalam belajar,” tutur Dadik Kusmadi selaku koordinator SMM Tales. Masa pandemi yang mengiringi di sepanjang tahun 2020 hingga 2021 ini menimbulkan berbagai kendala bagi para stakeholder untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada para murid sanggar. Beliau menyatakan bahwa kurangnya sumber daya pengajar dan kurang meleknya teknologi anak-anak sanggar membuat aktivitas pembelajar tidak dapat dijalankan dengan online maupun offline.

Berdasarkan kendala-kendala tersebut, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Media Universitas Ciputra Surabaya ikut membantu menjawab keresahan di dalam sanggar dengan terjun langsung untuk memberikan edukasi mengenai pembuatan konten media sosial yang baik dan benar menggunakan Canva dan VN. “Selama dua hari sejak tanggal 20 Desember 2021 kami memberikan pelatihan pembuatan poster sekaligus editing video dengan tema Bijak Bermedia Sosial,” ujar Anthony selaku ketua panitia pengabdian masyarakat tahun ini.

Potret kebersamaan mahasiswa FIKOM UC dengan murid SMM dengan menunjukkan hasil desain karya menggunakan stylus pen yang diberikan.

Antusiasme keenam anak sanggar yang berada di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini nampak sejak pertama dilakukan observasi. “Ayo kak kita cepat belajar jangan lama-lama,” ujar Kasih selaku murid sanggar dengan lugas meskipun kondisi malam tersebut masih diselimuti hujan deras tanpa alas belajar. Keseruan aktivitas tetap terasa hingga program benar-benar terlaksana dimana mereka menghasilkan karya media sosial yang sangat bijak mulai dari membuat rangkuman untuk belajar, poster idola, maupun selebaran dagang untuk orangtuanya.

Maka dari itu melihat semangat yang tak kunjung surut dari wajah generasi emas Indonesia di masa mendatang, mahasiswa FIKOM Universitas Ciputra memberikan kenang-kenangan berupa karpet untuk alas belajar murid sanggar agar tidak menghambat proses belajarnya meskipun hujan melanda. Selain itu, para mahasiswa ini juga memberikan seperangkat alat editing untuk menunjang keterampilan para remaja sanggar dalam membuat konten media sosial pop socket dan stylus pen untuk menggambar digital. Berkat kegiatan tersebut diharapkan menghasilkan muda agar lebih bermanfaat dan memanfaatkan kemajuan teknologi dengan maksimal demi masyarakat luas.

(Kirana Ratu Sekar Kedaton)


Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /home/hengkyabidin/public_html/suarajatim.news/wp-content/themes/magazimple1.0dev/addthis.php on line 4
Categorised in: ,

No comment for Dukung Pembelajaran Anak-Anak Kampung Tales, Mahasiswa FIKOM Universitas Ciputra Surabaya Berikan Bantuan Karpet Alas Belajar Untuk Sanggar Merah Merdeka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Notice: Undefined variable: options in /home/hengkyabidin/public_html/suarajatim.news/wp-content/themes/magazimple1.0dev/footer.php on line 17

Notice: Trying to access array offset on value of type null in /home/hengkyabidin/public_html/suarajatim.news/wp-content/themes/magazimple1.0dev/footer.php on line 17